21 Oktober 2008

Hemat BBM

Bermacam cara telah dilakukan agar dapat menghemat konsumsi BBM kendaraan kita, mulai dari memberikan tablet penghemat BBM, ataupun menambah atau mengganti spare part tertentu. Tetapi bagaimana jika tidak dapat menemukan alat tersebut, apalagi kita yang tinggal di daerah udik.



Ada banyak cara yang dapat kita lakukan (tidak harus dengan cara di atas, kan..), salah satunya dengan memperbaiki gaya mengemudi kita serta menyenyesuaikan kecepatan dengan putaran mesin (RPM). Berikut beberapa tips untuk membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien:

  1. Menginjak pedal gas secara stabil dan bertahap, tidak menghentak. Pedal gas yang diinjak dengan tiba-tiba menyebabkan BBM yang dihisap ke ruang bakar juga makin banyak, padahal putaran mesin masih rendah, akibatnya tidak semua BBM yang masuk ke ruang bakar terbakar. BBM yang masuk tidak menjadi tenaga, tetapi ikut terbuang lewat knalpot. Pemborosan kan..
  2. Menyesuaikan pindah gigi dengan RPM. Lakukan pemindahan gigi saat kendaraan memerlukan torsi maksimum, masing-masing mobil mempunyai torsi maksimum yang berbeda. Saat kendaraan melaju, pertahankan pada torsi maksimum tersebut. Torsi maksimum rata-rata didapat pada RPM 2500 - 3500.
  3. Ukur tingkat HC (hidrokarbon) dan CO (karbon monoksida). Periksa emisi gas buang, HC dan CO yang tinggi mengakibatkan BBM tidak terbakar sempurna dan terbuang percuma.
  4. Perhatikan komponen penggerak. Rawatlah komponen penggerak (kopling, bearing kopel, as roda dll) dari aus, dengan komponen yang aus BBM yang dikeluarkan tetap sama dengan komponen yang baik, artinya BBM jadi tidak efisien
dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tulis Komentar :