24 November 2008

PUNCAK MUSIM FLU DAN PILEK, WASPADALAH

Jangan anggap enteng flu dan pilek, di Amerika saja flu telah membunuh 36.000 orang dan 200.000 orang dirawat. Apalagi di puncak musim hujan yang diperkirakan datang pada bulan Desember sampai dengan Maret, bahkan di negara yang punya empat musim pun Desember adalah sedang dingin-dinginnya. Yang bisa kita perbuat adalah perkuat daya tahan tubuh dan perbaiki gaya hidup anda.

Virus influenza meningkat aktivitasnya di musim dingin, virus ini yang menyebabkan influenza, penularann antar manusia terjadi melalui udara, baik itu melalui, bicara, bersin, batuk maupun kontak dengan benda yang disentuh penderita. Penyebaran virus ini tidak mudah dihentikan, meskipun masa inkubasi virus ini 1-4 hari, penyebarannya dapat terjadi dalam 1-2 hari, bahkan saat si penyebar belum menyadarai bahwa dia terkena virus.

Penyakit ini menyerang saluran pernafasan dengan gejala utama demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, pilek, batuk, sakit tenggorokan, badan lemah, nafsu makan berkurang dan menggigil. Pada anak-anak, biasanya demam lebih tinggi, kadang disertai muntah atau diare. Orang telah salah kaprah menganggap flu itu sebagai gejala pilek, ternyata lebih dari sekedar pilek. Biasanya penderita akan sembuh dalam waktu 7-10 hari, jika tidak haarus diwaspadai terkena penyakit pasca-flu, misalnya pneumonia atau bronkhitis.

Agar terhindar dari influenza, kita harus jaga kondisi badan dan memelihara cara hidup sehat, yakni : makan makan yang sehat, cukup tidur, cukup olah raga, cuci tangan sesering mungkin dan banyak minum.

Untuk memperkuat daya tahan tubuh, boleh saja mengkonsumsi suplemen vitamin dan zinc, juga tanaman herbal seperti echinacea yang bagus buat menurunkan durasi sakit dan menurunkan keparahan batuk, sakit kepala dan hidung tersumbat.


- okezone dan berbagai sumber -

1 komentar:

Silakan Tulis Komentar :